Powered By Blogger

Jumat, 19 Juni 2009

Teks Kabanti

Teks III
Wa Bedja
Nyanyian kabanti dari Kelurahan Pongo

1. E bue-bue бangka nu-sera
Pe.ayun-ayun perahu 2sR-seram
E mbali бata na-ngkokombu-no
Pe.menjadi batang 3sIR-tiang-2spos

Ayun-ayun perahu seram
Tiangnya yang akan menjadi batang

2. E Wa ina ako-ðo te mia
Pe.PG ibu untuk-EMPH. art. orang
E ikita la’a nto-lolaha
Pe.kita nanti 1pR-cari

Ibu, untuk orang dulu
Untuk kita nanti dicari

3. E ku-бumanti-бanti ma’asi
Pe.1sIR-(akan)menyanyi-nyanyi kasihan
E no-moni’asi na ina-su
Pe.3sR-miskin art. ibu-1spos

Saya akan menyanyi-nyanyi kasihan
Karena ibuku orang miskin

4. E no-moni’asi na ina-su
Pe.3sR-miskin art. ibu-1spos
E ta’amo бara ngke ikami
Pe.semoga tidak lagi dengan kami

Ibuku orang miskin
Semoga tidak lagi dengan

5. E ka’asi na moni’asi-nto
Pe.kasihan art. miskin-1ppos
E te kambose to-popengka-ne
Pe.art. kambose 1pR-berbagi-3sO

Kasihan miskinnya kita
Kambose kita harus berbagi

6. E ka’asi-’u Wa Ngkumilua
Pe.kasihan-2spos Wa Ngkumilua
E nu-anse paka nu-kapoi
Pe.2sR-menginginkan tapi 2sR-sanggup

Kasihanmu Wa Ngkumilua
Kamu menginginkan sesuatu tapi kamu tidak sanggup

7. E ku-umanse-anse nggala-ne
Pe.1sIR-(akan) ajak-ajak walau hanya sebentar-3sO
sebentar
E nggala ðitoto nu-laro-no
Pe. KT ditentangan 2sR-hati-2spos




Saya akan ajak-mengajaknya walau hanya
Walau hanya ditentangan hatinya

8. E te laro mbea ðipo’oli
Pe.art.hati tidak disanggupi
E ði olo na bungkale‘a-no
Pe.di tengah laut art lepas-3spos.

Hati yang tidak disanggupi
Di tengah laut tempat melepaskannya

9. E ka’asi na Wa mbea male
Pe.kasihan art. PG tidak luntur
E no-mbea ðimatahanako
Pe.3sR-tidak ada dimalukan

Kasihan (perempuan) yang tidak luntur
Tidak ada yang dimalukan

10. E Wa ina na koni nu-mia
Pe.PG ibu art. tertawa 2sR-orang
E ita ikita moni’asi
Pe.lihat kita miskin

Ibu, orang akan tertawa
Melihat kita yang miskin

11. E Wa ina бalu te tape’a
Pe.PG ibu beli art. tapis
E ako te lelenako-‘asu
Pe.KT art. jualan-1spos

Ibu, belilah tapis
Untuk tempat jualanku

12. E Wa opu te ontimu Jawa
Pe. PG tuhan art. mentimun Jawa
Tuhan, itu mentimun Jawa
E no-mosenga ði ngkawu’u-su
Pe.3sR-kering di leher-1spos
Ia kering di leherku

13. E ka’asi la tuha mo’ane
Pe.Kasihan PG saudara laki-laki
E ko-merapi-mo nte paira?
Pe.2sR-dapatkan-past art. apa

Kasihan (kamu) saudara laki-laki
Apa yang bisa kita dapatkan?

14. E Wa ina ðiumpa samia?
Pe.PG ibu dimana seorang
E te nguru kua ngko-ðodua
Pe.art. kabar art. 1pREks-berdua

Ibu, dimana satunya?
Kabarnya kami berdua


15. E ku-mala-ne ði luha-luha
Pe.1sR-ambil-3sO di luha-luha
E ði buku бara no-mantale
Pe.di ombak keras jangan sampai 3sR- terhambur

Saya akan mengambilnya di luha-luha
Di ombak keras jangan sampai berhamburan

16. E ði luha-do nu-ntowu-ntowu
Pe.nanti teduh-Emph 2sR-ntowu-ntowu
E maka ku-mai ku-lea-ko
Pe.baru 1sR-datang 1sR-muat-2sO

Nanti ntowu-ntowu tidak berbunyi lagi
Baru aku datang memuatmu

17. E ara ði Wa Leja samata
Pe.kalau di Wa Leja samata
E paka ku-melengkajiama
Pe.tidak 1sR-(akan)meramal

Kalau sudah sama Wa Leja
Saya tidak akan meramal lagi

18. E ku-ita-ne ði kajiama
Pe.1sR-lihat-pastpada ramalan
E mbea-mo na sampokana-no
Pe.tidak-past art. sepadan-3spos

Aku lihat pada ramalan
Tidak ada sepadannya

19. E ara te buri ngkene rohe
Pe.kalau art. tulisan dengan roh
E na-moðongka-ðongka ako-mo
Pe.3pIR-terbawa-bawa arus KT-past

Kalau tulisan dengan roh
Mereka akan terbawa-bawa arus bersama

20. E Wa ina siri na lu’u-u!
Pe.PG ibu sapu art. air mata-2spos
E te ia te ntondu-no-mo
Pe.art. ia art.tenggelam-3spos-past

Ibu, sapulah air matamu!
Ia sudah akan tenggelam

21. E tondu kae la samonea
Pe.tenggelam KT PG kenalan
E te iaku ði taliku-’u
Pe.art. saya di belakang-2spos

Tenggelamlah wahai kenalanku
Saya akan ada di belakangmu

22. E ara te buri kene-su-mo
Pe.kalau art. tulisan teman-1spos-past
E ku-monðongka-ðongka ako-mo
Pe.1sIR-terbawa-bawa arus KT-past

Kalau sudah dengan teman tulisku
Saya sudah akan terbawa-bawa arus dengannya


23. E ku-ðumongka-ðongka kapiði
Pe.1sR-terbawa-bawa arus kapidi
E ako satora-torampe-su
Pe. agar terdampar-1spos

Saya ingin terbawa arus (seperti) kapidi
Agar aku terdampar dimana saja

24. E бata mai ku-labu-ko
Pe. бata datanglah 1sR-tambat-2sO
E бara nu-torampe harai
Pe.jangan sampai 2sR-terdampar terlalu

Бata, datanglah! aku menambatmu
Jangan sampai terlalu terdampar

25. E ðongka-ðongka nu-namisi-su
Pe.terbawa-bawa arus 2sR-perasaab-1spos
E awana Londe ntapa labu
Pe.seperti Londe tidak ada tambat

Terbawa-bawa arusnya perasaanku
Seperti Londe yang tidak ditambat

26. E Wa Toto herampe kami-ðo
Pe.PG tentangan bantu terdampar kami-EMPH
E la’a ðipaðongka sawali
Pe.nanti ðipaðongka kembali

(daratan) tentangan bantulah kami untuk terdampar
Nanti ðipaðongka kembali

27. E ku-umanse-anse nggala-ne
Pe.1sIR-ajak-ajak KT-past
E na mia mo’u buku naku
Pe.art. orang memberi tulang aku

Saya akan ajak-ajak seadanya
Orang yang memberi aku tulang

28. E ku-ili kua te tuha-nto
Pe.1sR-kira KT art. keluarga-1ppos
E kamбeða te (ma)tondu kita
Pe.padahal art.(akan) tenggelamkan kita

Aku kira dia adalah keluarga
Padahal dia yang akan menenggelamkan kita

29. E na leu-leu-nto ðihia
Pe.art. bagus-bagus-1ppos itu hari
E te ana gara no-ha’a-mo?
Pe.art. ini KT 3sR-ada apa-past

Bagus-bagusnya kita waktu itu
Ada apa sekarang ini?

30. E ku-mate-mo ðinsaronako
Pe.1sR-mati-past berharap
E kambeða no-akala naku
Pe.padahal 3sR-tipu aku

Aku sudah berharap mati-matian
Padahal ia menipuku

31. E ku-mate ðilongka ronðo-’a
Pe.1sR-mati jalan malam-past
E ði suru-’a nu-mpomonea
Pe.untuk bayar-past 2sR-kenalan

Aku mati berjalan malam
Untuk membayar kenalanku

32. E te pomonea-nto meana
Pe.art. kenalan-1ppos sekarang ini
E ta-mate maka ta-moga’a
Pe.1pIR-mati baru 1pIR-pisah

Kenalannya kita sekarang ini
Nanti meninggal baru kita akan berpisah

33. E ta-moga’a sinsara ðuka
Pe.1pIR-pisah sengsara juga
E te tanða mbero nu-junia
Pe.art.tanda mbero 2sR-dunia

Kalau sengsara bila berpisah
Itu tanda mbero -nya dunia

34. E ði junia buntu to-lili
Pe.di dunia hanya 1pR-bertamu
E ði ahera na mporomu’a
Pe.di akhirat art. berkumpul

Di dunia kita hanya bertamu
Di akhirat tempat berkumpul



35. E Wa ina na ja’o-su ana
Pe.PG ibu art. rusak-1spos ini
E apa ku-lili ngku-ambanga
Pe.biar hanya 1sR-bertamu 1sR-malu

Ibu, rusakku ini
Biar hanya bertamu aku malu

36. E Wa ina suru ngku-ambanga?
Pe. PG ibu kenapa 1sR-malu
E no-kotoro na mpakea-su
Pe.3sR-kotor art. pakaian-1spos

Ibu, mengapa aku malu?
Karena kotor pakaianku

37. E ku-ja’o paka ngku-ambanga
Pe.1sR-rusak tidak 1sIR-malu
E бuke na ja’o ngkene-mami
Pe.penuh art.rusak teman-1ppos

Aku rusak tidak akan malu
Penuh (banyak) teman kami rusak

38. E Wa ina ðiumpa-umpa-mo?
Pe.PG ibu dimana-mana-pas
E na kaburi-su na iaku
Pe.art. jodoh-1spos art. aku

Ibu, dimana-mana sajakah?
Jodohku

39. E te buri paka nte iguru
Pe.art.tulisan bukan art. diajarkan
E no-laha-laha ngkarama-no
Pe.3sR-cari-cari sendiri-3spos

Tulisan bukanlah sesuatu yang diajarkan
Dia akan mencari sendirinya

40. E Wa ina ku-mala umpa-mo?
Pe.PG ibu 1sIR-ambil mana-past
E ku-kuli sawengka te ðosa
Pe.1sR-balik kesebelah art. utang

Ibu, aku akan ambil yang mana?
Aku balik kesebelah juga utang

41. E te ðosa ane nta-momea
Pe.art. utang dapat 1pIR-bayar
E te ðosa jandi nte orungu
Pe.art. utang janji art. badan

Utang masih dapat kita bayar
Utang janji adalah badan

42. E iomo-iomo na toбa
Pe.jangan-jangan art. toбa
E sulano te porokanako
Pe.yang penting art. saling kagetkan

Tidak perlu ada toбa
Yang penting saling mengagetkan (menyapa)

43. E Wa Ema бara ðimente
Pe.PG Ema jangan heran
E la’a ko-hena-henai
Pe.nanti 1pREks-belajar

Wa Ema jangan heran
Nanti kami belajar

44. E La Nsajandi mai to-mate
Pe.PG Nsajandi mari 1pR-mati
E saбata-бata na alunga
Pe.sebatang art. bantal

La Nsajandi mari kita meninggal
Pada sebuah bantal

45. E La Nsamonea ta-moga’a-mo
Pe.PG Nsamonea 1pIR-pisah-past
E ta-moga’a kae nu-laro
Pe.1pIR-pisah penasaran 2sR-hati

La Nsamonea kita akan berpisah
Kita berpisah dengan penasaran

46. E na бa'a nu-anse nu-laro
Pe.art. besar 2sR-ajakan 2sR-hati
E ði ana mande aaðari
Pe.pada anak pintar nasihat

Besarnya ajakan hati
Pada anak yang pintar memberi nasihat

47. E te aaðari angka Wa ina
Pe.art. nasihat larangan PG ibu
E ði olo ku-molinga-ne-mo
Pe.di laut biru 1sIR-lupa-2sO-past

Nasihat larangannya ibu
Di laut biru aku akan melupakannya

48. E Wa ina akoðo te mia
Pe.PG ibu KT art. orang
E ikita la’a nto-lolaha
Pe.kita nanti 1pR-cari

Ibu, untuk orang dulu
Kita nanti kita cari

49. E Wa ina ara nto-lolaha
Pe.PG ibu KT 1p-cari
E tolalo-ne na mpeðembula
Pe.lewat-3spos art. pertama

Ibu, kalau kita mencari
Melampaui yang pertama


50. E somba te hua mpaira-mo?
Pe.ampun art. urat apa-past
E na i-popanganta nu-mia
Pe.art.2pR-saling tidak disuka 2sR-orang

Ya ampun, urat apakah ini?
Yang tidak disukai oleh orang

51. E ka’asi Wa ina ka’asi
Pe.Kasihan PG ibu kasihan
E mou na-umelo no-kae
Pe.biar 3sIR-(akan) memanggil 3s-tak cukup

Kasihan ibu Kasihan
Biar ia akan memanggil tak cukup

52. E Wa kae nto-pada kae
Pe.PG tidak cukup 1pR-sama-sama tidak cukup
E to-pada poanse no-kae
Pe.1pR-sama-sama saling mengajak 3sR-tidak cukup

Wa tidak cukup kita sama-sama tidak cukup
Kita sama-sama saling mengajak tapi tidak cukup

53. E Wa sakae nto-pada kae
Pe.PG sakae 1pR-sama-sama tidak cukup
E no-lalo-mo na poanse-nto
Pe.3sR-lewat-past art. saling mengajak-1ppos

Wa Sakae kita sama-sama tidak cukup
Sudah terlewat kita saling mengajak

54. E lolio Wa sinta lolio
Pe.jangan menangis Wa Sinta jangan menangis
E katu ku-bue-bue-ko-mo
Pe.itu 1sR-ayun-ayun-2sO-past

Jangan menangis Wa Sinta jangan menangis
Itu, saya sudah ayun-ayun kamu

55. E ku-bue-ko nggala sabue
Pe.1sR-ayun-2sO walau hanya seayun
E ði buenga wa bura бomбa
Pe.pada ayunan Wa Bura бomбa

Kumengayunmu walau hanya seayun
Pada ayunan Wa Bura бomбa

56. E Wa бomba ku-somba-somba-ko
Pe.Wa gelombang 1sIR-sembah-sembah-2spos
E wa ðibuku ku-ntabea-ko
Pe.Wa ðibuku 1sIR-permisi-2spos

Wa gelombang aku akan memohon padamu
Wa ðibuku , aku akan permisi

57. E mansuana heti’i kami
Pe.orang tua dengarkan kami
E banti ja’o gorapi kami
Pe.menyanyi tidak baik marahi kami

Orang tua dengarkan kami
Tidak baik nyanyian marahi kami

58. E ku-numabu na kaomu-su
Pe.1sIR-akan jatuhkan art kaum-1spos
E ði ana mala nte adari
Pe.pada anak ambi art. nasihat

Saya akan jatuhkan kaumku
Pada anak yang mengambil nasihat

59. E wa ina ku-mate ako-ne
Pe.Wa ibu 1sR-(akan)mati untuk-3sRpos
E na santuha mosulu-sulu
Pe.art. keluarga berdekat-dekatan

Ibu, aku akan mati untuknya
Pada keluarga yang berdekat-dekatan

60. E iomo-iomo na toбa
Pe.jangan-jangan art. toбa
E sulano te porokanako
Pe.yang penting art. saling mengagetkan

Tidak perlu ada toбa
Yang penting saling mengagetkan (menyapa)

61. E ku-mesuwui-ne te бanti
Pe.1sIR-(akan)mandikan-3sO art.nyanyian
E te uwe бara no-monoha
Pe.art. air jangan sampai 3sR-basah

Saya akan memandikannya dengan nyanyian
Kalau air jangan sampai dia basah

62. E La Nsamonea to-ntoðe ako
Pe. La Nsamonea 1pR-lari KT
E mou saбata’a nu-tuбe
Pe. Walau hanya sebentang 2sR-tongkat pendayung

La Nsamonea mari kita lari
Walau hanya satu bentangan tongkat pendayung

63. E mou ði umbu nu-sinapa
Pe.walau di ujung 2sR-senjata
E ku-mala-ne na nsajandi-su
Pe. 1sIR-(akan)ambil-3sO art.teman sehati-1spos

Walau dia ada di ujung senjata
Aku akan mengambil teman sehatiku

64. E to-hitisakamba te roða
Pe. 1pR- hitisakamba art.roða
E no-kamba na roða nto-poroða
Pe. 3sR-bunga art.roða 1pR-saling mengingat

Kita akan hitisakamba roða
Ketika pohon roða berbunga kita akan saling mengingat

65. E ara ku-roða nte i’ia
Pe.kalau 1sR-ingat art. dia
E ku-manga paka no-tentolo
Pe. 1s-makan tidak 3sR-tertelan

Kalau aku mengingat dia
Kumakan (aku mou makan) tidak bisa tertelan

66. E ku-umanse-anse nggala-ne
Pe.1sIR-(akan)mengajak-ajak untuk-3spos
E na mia mo’u buku kami
Pe.art.orang beri tulang kami

Saya akan mengajak-ajaknya
orang yang memberi kami tulang

67. E ko-mingku-mingku sabuku-’u
Pe.2sIR-gerak-gerak sekuat-2spos
E ako te lea nu-bangka-’u
Pe. untuk art. muat 2sR-perahu-2spos

Agar kamu bergerak-gerak sekuatmu
Untuk muatan perahumu

68. E wa бomбa pia bue naku
Pe. PG gelombang hati-hati menyahun aku
E no-lembe na parangkai-su
Pe. 3sR-tidak kuat art.pegangan-1spos

(perempuan) gelombang, hati-hatilah mengayunku
Peganganku tidak kuat

69. E to-ampe-ampe Wa бelu
Pe. 1pR-ampun Wa бelu
Wa бelu ,mari kita saling ampuni-mengampunikan
E te komбa-mo nu-poasa’a

Pe.art.bulan-past 2sR-puasa
Sudah tiba bulan puasa

1 komentar:

  1. Terimah kasih dengan filenya dengan ini saya bisa menyelesaikan tugas sastra daerah.

    BalasHapus